Lapangan Bulutangkis dan Perlengkapannya

Lapangan Bulutangkis dan Perlengkapannya - Permainan Bulu Tangkis merupakan permainan yang termasuk dalam permainan Bola Kecil. Dalam melakukan permainan ini diperlukan beberapa alat seperti raket, net, Shuttlecock dan beberapa peralatan lainnya.

Bulu tangkis merupakan permainan yang dapat dimainkan oleh segala umur, baik anak-anak, remaja hingga orang dewasa. Permainan ini juga tidak terlalu sulit untuk dilakukan, yang penting kita dapat menguasai dasarnya seperti memegang dan mengayunkan Karet.

Pada kesempatan ini Bacaan Sekolah akan berbagi peralatan yang diperlukan untuk bermain bulu tangkis, selain itu juga akan ada ukuran lapangan bulu tangkis.

Ukuran Lapangan Bulutangkis dan Perlengkapannya :


1. Lapangan Bulu Tangkis
Untuk Bentuk lapangan Bulu Tangkis dan ukurannya dapat Anda lihat pada gambar di bawah ini. Lantai lapangan tersebut dapat dibuat dari bahan berikut ini :
1) Lantai kayu (wooder court)
2) Lantai semen atau tegel (hand court)
3) Lantai dengan carpet sintetis (porta court)
4) Lantai tanah atau pasir (umumnya lapangan luar ruangan)
5) Ketentuan cara pembuatan lapangan

Lihat Detail Di Sini

2. Shuttlecock
a. Shuttlecock Bulunya harus berukuran 64 - 74 mm dari ujung atas sampai kebagian yang rata pada gabus. Garis tengah atau diameter bagian atas shuttlecock 54 - 56 mm dan harus diikat dengan benang secara kuat atau bahan lain yang kuat.
b. Berat shuttlecock antara 73 – 85 grains (4,73 – 5,50 gram) dan harus mempunyai 14 - 16 helai bulu yang ditangcapkan ke dalam gabus yang bergaris 1-1/8 inch atau 25 - 28 milimeter.
c. shuttlecock terdiri dari bagian kepala dan bulu. Shuttlecock yang baik menggunakan gabus sebagai kepala dan dibungkus dengan kulit yang tipis dan kuat.

3. Raket (Pemukul)

Raket merupakan alat pemukul yang sangat ringan dan kuat. Beratnya kurang dari 150 gram. Jenis-jenis raket yang dipergunakan dalam bermain bulutangkis, antara lain:
1) Raket yang berat di bagian pegangan (handle).
2) Raket yang berat di bagian atas (kepala).
3) Raket yang seimbang cocok untuk pemain (allround).
4) Bahan raket:
a) Bahan kayu seluruhnya.
b) Bahan fiberglass.
c) Bahan aluminium seluruhnya.
d) Bahan kayu dan aluminium.
e) Bahan arang (carbonex).

Demikian artikel tentang Lapangan dan Perlengkapan Bulu Tangkis Semoga bermanfaat bagi Anda semua, jangan lupa untuk mengunjungi artikel lainnya yang mungkin dapat menambah pengetahuan anda tentang olahraga.