Fakta Unik Geyser di Islandia

Fakta Unik Geyser di Islandia


Geyser Islandia
Taukah anda bahwa ada air mancur yang berasal dari panas bumi yang sangat unik dimana air mancur tersebut akan keluar setiap saat dengan indahnya. Air mancur panas bumi tersebut dinamakan Geyser. Uniknyanya geyser tersebut banyak sekali, dan daerah tersebut dinamakan Strokkur


Strokkur adalah Air mancur atau geyser di daerah panas bumi. Strokkur berada di Negara Islandia, tepatnya berada disamping sungai Hvita.

Geyser yang terkenal di Negara tersebut selalu meletus setiap 4 sampai 5 menit sekali dengan ketinggian mencapai kira-kira 40 meter.

Strokkur merupakan bagian dari wilayah haukadalur panas bumi dimana di situ banyak sekali fitur panas bumi lainnya seperti kolam lumpur, deposito alga, fumarol, dan geyser lainnya yang berada sekitarnya. Dan inilah yang menambah keunikan dari strokkur.

Strokkur terjadi setelah gempa bumi pada tahun 1789 . aktifitasnya berfluktuasi pada abad ke-19 dan pada tahun 1815 tingginya  mencapai 60 meter  dan terus meletus hingga pergantian abad ke-20 bahkan sampai sekarang.

Banyak wisatawan dari berbagai negara yang berkunjung untuk melihat fenomena alam ini yang bisa dikatakan sangat langka dan begitu uniknya. Sungguh luar biasa ciptaanMu tuhan pencipta Alam semesta dan segala isinya yang telah menciptakan fenomena alam yang sungguh luar biasa indahnya.




Geyser Islandia
Geyser Islandia



Geyser Islandia


Geyser Islandia
Orig : http://faktaunik-ds.blogspot.com/2013/05/air-mancur-yang-unik-nan-indah.html#more