Cara Merawat Pintu Mobil

Cara Merawat Pintu Mobil - Dalam berkendara kenyamanan merupakan salah satu hal yang harus diperhatikan, agar kita dapat mengendarai kendaraan kita dengan tenang dan berkonsentrasi. Salah satu bagian yang perlu diperhatikan dalam kendaraan roda empat adalah Pintu Mobil.
tips cara merawat pintu mobil
Karena Pintu mobil adalah salah satu bagian kendaraan yang sangat penting untuk diperhatikan dan dirawat, sehingga kita dapat berkendara dengan aman dan nyaman. 

Tetapi Pintu Mobil sering dilupakan dari perhatian sang pemilik, padahal jika terjadi kerusakan pada Pintu Mobil dapat berakibat fatal. Berikut ini akibat yang dapat ditimbulkan jika pintu mobil rusak :

Bila rel kaca atau karet sudah getas air dapat masuk ke celah pintu, sehingga menyebabkan penggerak kaca pada jendela berkarat dan menyebabkan naik turunnya kaca akan terasa berat dan sulit serta pemutar kaca juga dapat macet seketika. Begitu juga pada gagang pintu, saat pelumas pada pembuka pintu mengering, pintu mobil akan sulit dibuka.

Cara merawat pintu mobil :

 a. Sediakan beberapa peralatan seperti obeng, kuas, gemuk dan pelumas kalau bisa yang semprotan.
Buka trim pintu dan kaca turunkan. Buka baut pada pegangan pintu dan gagangnya menggunakan obeng kemudian lepas tuas pemutar kaca dengan cara pinnya dicungkil.
b. Gunakan obeng min untuk membuka panel pintu. Untuk mobil yang menggunakan power window lepass dahulu sakelarnya.
c. Kemudian bersihkan weather strip dari kotoran menggunakan kuas dan solar setelah itu tunggu sampai kering, setelah kering bersihkan menggunakan lap yang bersih.
d. Langkah selanjutnya bersihkan gigi regulator dan olesi gemuk. Untuk gigi penggerak motor untuk yang menggunakan power window lumasi juga lengan pemutar dan pernya.
e. Jangan lupa untuk memeriksa tangkai pengimbang regulator, rel atas dan bawah penggerak tangkai regulator kemudian bersihkan menggunakan solar kemudain olesi menggunakan gemuk.
f. Setel jika kaca kendaraan anda miring, dengan cara naikkan kaca setengah dan kendurkan dua baut pengimbang di bagian bawah. kemudian dorong kaca ke belakang dan kencangkan kembali bautnya.
g. Perhatikan juga untuk bukaan pintu luar, periksa apakah ada pergeseran. Jika ada, lumasi dengan pelumas semprotan.
h. Periksa juga tangkai besi pada pengunci pintu, yang utama adalah pada bagian penggerak kunci. Kemudian jika berkarat bersihkan dan semprotkan pelumas.
i. Jika sudah menjalankan tips – tips diatas pasang kembali panel pintu, dan jangan lupa pasang kembali sakelar pada pintu yang menggunakan power window.
 
Demikian Tips Cara Merawat Pintu Mobil agar kendaraan anda tetap nyaman saat dikendarai, semoga bermanfaat.