Sejarah Sepakbola dan Asal Usul Sepak Bola

Sejarah Sepakbola dan Asal Usul Sepak Bola - Sepakbola merupakan permainan yang paling populer baik di Indonesia maupun di Dunia. Permainan Sepakbola adalah sebuah permainan yang sederhana yang siapapun dapat bermain sepakbola, baik anak - anak hingga orang dewasa.
Sejarah Permainan Sepakbola Indonesia dan Dunia
Permainan Sepakbola adalah sebuah permainan yang dilakukan dengan cara menyepak atau menendang bola kian kemari untuk diperebutkan antara pemain, inti dari permainan sepakbola menciptakan gol atau memasukkan bola ke gawang lawan dan menjaga pertahanan agar gawang tim sendiri tidak dapat kemasukkan bola oleh pemain lawan.

Didalam permainan ini semua pemain boleh menggunakan semua anggota tubuh kecuali untuk tangan dan lengan mereka. Yang boleh menggunakan seluruh anggota tubuh termasuk lengan dan tangan mereka adalah penjaga gawang atau kiper. Permainan Sepakbola ini dilakukan secara tim atau beregu, setiap regu terdiri dari sebelas pemain.

Waktu permainan Sepak bola biasanya dimainkan dalam dua babak (2 x 45 menit) dan waktu istirahat selama 10 menit diantara kedua babak tersebut. Namun jika harus ada babak tambahan, biasanya waktu babak tambahan adalah 2 x 15 menit dan istirahat selama 5 menit diantara kedua babak tersebut. Sepakbola juga mempunyai sejarah dalam perkembangannya, berikut ini sejarah sepak bola.

Sejarah Permainan Sepak Bola Dunia & Indonesia :


Di dalam sejarah permainan Sepakbola mempunyai banyak sebutan, pada zaman cina kuno di masa dinasti Han, permainan sepakbola disebut dengan istilah Tanchu. Kemudian di masa Romawi permainan Sepakbola disebut dengan nama Haspartun. Kemudian di Prancis yang menyebar ke Inggris dan Normandia dikenal dengan nama Choule. Sedangkan di Jepang disebut Kemari dan Yunani disebut Epishyros.

Pada tanggal 26 Oktober 1863 Inggris mendirikan sebuah asosiasi yang disebut dengan English Football Assosiation. Dengan adanya asosiasi ini pada tanggal 8 Desember 1863 banyak lahir peraturan dalam permainan sepakbola dan permainan ini mempunyai banyak perkembangan dan perubahan.

Tanggal 21 Mei 2904 didirikan sebuah Federasi permainan Sepakbola Internasional yang disebut dengan FIFA (Federation International de Football Assosiation) yang diusulkan oleh Guerin (Perancis). Pada tahun 1930 diadakan pertandingan kejuaraan Dunia Sepakbola pertama di Montevideo, Uruguay. Kejuaraan ini merupakan usul dari Julies Rimet, kejuaraan ini diadakan setiap empat tahun sekali.

Sedangkan di Indonesia, organisasi resmi dibentuk pada tanggal 19 April 1930 yang dikenal sebagai Persatuan Sepakbola Seluruh Indonesia (PSSI) di Yogyakarta. Ketua pertama PSSI adalah Ir. Soeratin Sosrosoegondhani dikenal dengan Soeratin Cup atau Piala Soeratin.