Desain Arsitektur Rumah Betawi Minimalis Dari Kayu

Desain Arsitektur Rumah Betawi Minimalis Dari Kayu - Rumah merupakan sebuah tempat tinggal yang memang menjadi kebutuhan penting bagi semua orang. Rumah sendiri memiliki bentuk yang beragam dan nama yang beragam pula, untuk setiap rumah mempunyai desain yang berbeda- beda termasuk pula rumah adat.
Desain Arsitektur Rumah Betawi Minimalis Dari Kayu
Rumah adat dibangun dengan menggunakan bahan yang berkualitas dan juga dengan beberapa perhitungan sebelum membangun dan juga terdapat upacara- upacara yang sakral saat akan membangun sampai selesai membangun bahkan saat akan menempati rumah tersebut. Salah satu rumah adat yang menarik adalah rumah betawi dan memang memliki corak yang khas dengan beberapa ornament yang mempercantik.

Desain Arsitektur Rumah Betawi :

1. Rumah betawai memiliki ke kahasan yakni berbentuk layaknya bangunan joglo, jadi mempunyai atap yang panjang dan juga memili lebar yang luar dan tidak terlalu panjang, jadi lebih mengutamakan lebarnya.

2. Untuk desain depan itu biasanya terdapat teras rumah yang luas kemudian terdapat paling tidak 4 tiang penyangga. Utuk desain depan itu terdapat pintu yang relative tinggi diletakkan bagian tengah rumah ini dan samping kiri dan kanan itu terdapat candela yang lebar tidak memanjang kebawah.

3. Kemudian terdapat kamar pada sisi kanan kiri dan ditangahnya terdapat sebuah ruangan yang cukup besar bisa untuk duduk bersama keluarga. Untuk bagian belakang bisanya dapur.

4. Yang menarik dari rumah betawi ini menggunakan kayu sebagai ornament pada rumah ini sehingga akan nampak elegan, untuk catnya sendiri bianya menggunakan warna dasar kayu yakni coklat ataupun bisa juga menggunakan warna kuning dan juga hijau.

5. Pada teras rumah telah diberi pagar dari kayu yang telah diukur ataupun dibentuk dan dipasang memanjang. Untuk rumah adat bertawi ini biasanya dibangun dengan tinggi sehingga ada tangga untuk naik ketas  rumah biasanya hanya 3 anak tangga saja.
http://dodolanweb.blogspot.com/2014/09/desain-arsitektur-rumah-betawi.html
Itulah Desain Arsitektur Rumah Betawi, jadi yang erat atau menjadi ciri khasnya adalah pemakaian bahan kayu yang hampir 60% pada bagian dari rumah betawi ini, dan masih banyak lagi ornament yang dapat mempercantik bangunan dari rumah adat betawi ini. Semoga info kali bermanfaat.