Pengertian Tolak Peluru Adalah

Pengertian Tolak Peluru Adalah - Olahraga Atletik memiliki beberapa cabang, seperti jalan cepat, lari jarak pendek, lompat jauh, tolak peluru dan beberapa lainnya. Namun pada kesempatan ini Bacaan Sekolah akan membahas tentang Atletik cabang Tolak Peluru, olahraga ini merupakan cabang yang sering dilakukan disekolah maupun dipekan olahraga.
Sejarah Olahraga Tolak Peluru

Tolak peluru atau dalam bahasa Inggris the shot put merupakan salah satu nomor yang terdapat dalam nomor lempar pada cabang olahraga atletik. Sesuai nama cabang olahraga ini, maka tolak peluru dilakukan secara ditolak atau didorong tidak dilempar. Hal ini juga sesuai dengan peraturan, jika peluru itu memang harus ditolak atau didorong dari bahu menggunakan satu tangan.

Dari deskripsi di atas maka dapat dapat disimpulkan Tolak peluru adalah suatu bentuk gerakan mendorong atau menolak suatu alat bundar (peluru) dengan berat tertentu yang bahnnya terbuat dari logam, yang dilakukan dari bahu dengan satu tangan untuk mencapai jarak sejauh-jauhnya. Untuk kategori putra digunakan peluru yang mempunyai berat 7,25 kg sedangkan 4 kg untuk kategori puteri.

Sejarah Olahraga Tolak Peluru


Gaya tolak peluru yang sering digunakan adalah yaitu gaya baru atau gaya O`Brian dan gaya lama atau gaya ortodoks. Jika Anda menjumpai gaya lain, maka gaya tersebut hanyalah merupakan variasi dari kedua gaya tersebut. Tujuan tolak peluru adalah untuk menolak sejauh-jauhnya agar dapat memperoleh prestasi yang maksimal. Agar dapat mencapai tolakan yang paling jauh, maka seorang atlet harus mampu memahami dan menguasai teknik tolak peluru dengan baik.

Teknik tolak peluru mempunyai empat Gaya, yaitu: cara menolakkan peluru, sikap badan saat akan menolakkan peluru, Cara memegang peluru, dan sikap badan setelah menolakkan peluru. Namun Semua itu akan Bacaan Sekolah bahas pada artikel selanjutnya.

Demikian Pengertian Tolak Peluru dan beberapa Gaya Tolak Peluru, semoga artikel di atas dapat menambah pengetahuan Anda dan dapat membantu Anda dalam mengerjakan tugas sekolah.