Peraturan Permainan Bola Voli Menurut PBVSI dan FIVB

Peraturan san Permainan bola voli pertama kali dilakukan yaitu pada tahun 1895 di Holyoke, Massachussetts, Amerika Serikat. Permainan ini diciptakan oleh Willian G. Morgan yang merupakan instruktur pendidikan jasmani.
Peraturan Permainan Bola Voli Menurut PBVSI dan FIVB
Peraturan bola voli

Bola voli merupakan olahraga permainan oleh dua tim berlawanan. Terdapat variasi permainan ini, yaitu ada permainan bola voli pantai. Di Indonesia sendiri terdapat Kompetisi Proliga yang merupakan pertandingan bola voli profesional Indonesia dan diikuti klub-klub besar asal Indonesia.
Untuk Anda yang ingin menjadi pemain bola voli profesional, ada beberapa peraturan permainan bola voli standar internasional yang harus Anda ketahui.

Badan Pengawas Bola Voli

Untuk peraturan permainan bola voli standar memiliki sebuah organisasi yang menjadi tolak ukur dalam pengambilan keputusan. Olahraga voli diawasi oleh FIVB yang merupakan induk organisasi bola voli internasional. Sedangkan di Indonesia, olahraga bola voli diawasi oleh PBVSI.

Ada beberapa sistem pertandingan bola voli yang bisa Anda ketahui seperti berikut :

  1. Terdapat 8 tim yang dibagi menjadi 2 grup, dan setiap grup terdiri dari 4 tim.
  2. Jumlah pemain bola voli standar internasional ada 10 pemain. Sedangkan di lapangan hanya 6 orang yang bertanding, dan 4 orang lainnya sebagai cadangan.
  3. Saat pertandingan sedang berlangsung, pelatih dapat mengganti pemain inti dengan pemain cadangan. Dan tidak ada batas pergantian pemain.
  4. Jumlah minimal pemain bola voli dalam pertandingan adalah 4 orang.
  5. Pertandingan bola voli berlangsung dengan 3 babak, jika pada babak pertama dan kedua telah dimenangkan satu tim, maka babak ketiga tidak perlu dilaksanakan.
  6. Sistem perhitungan angka pada pertandingan bola voli menggunakan rally point, maksimal 25 point.
  7. Jika kedua tim memiliki nilai yang sama, maka panitia pertandingan akan menentukan pemenang dari kualitas angka yang didapat pada setiap set pertandingan sebelumnya.
  8. Tim akan mendapat nilai 1 jika memenangkan permainan saat penyisihan.
  9. Apabila kedua tim mendapat nilai yang sama, maka pertandingan akan ditambah 2 poin.
  10. Untuk mengakhiri babak pertandingan, tim diwajibkan bertukar tempat atau sisi lapangan.
  11. Tim dapat meminta waktu time out dan hanya boleh sekali saja. Waktu time out yang diberikan wasit yaitu hanya 1 menit.

Sistem yang digunakan pada perhitungan angka, peraturan permainan bola voli yaitu sebagai berikut :

  1. Pemain wajib melakukan serve untuk memulai pertandingan. Serve yang dilakukan harus melewati net dan masuk ke daerah lawan. Apabila tidak masuk, maka tim lawanlah yang akan mendapatkan poin.
  2. Jika pihak lawan bisa memasukkan bola ke dalam arena lapangan kita, maka tim tersebut akan kehilangan skor, sedangkan tim lawan akan mendapatkan angka.

salahan yang terjadi pada peraturan permainan bola voli adalah :

  1. Jika pemain memantulkan bola lebih dari sekali maka dihitung sebagai double foults.
  2. Saat serve dilaksanakan, semua pemain wajib berada di lapangan pertandingan bola voli.
  3. Saat melakukan serve, pemain harus melewati garis lapangan bola voli.
  4. Jika bola keluar lapangan pertandingan, akan tetapi masih dapat diambil pemain lain satu tim serta belum menyentuh tanah, maka belum dihitung out.
  5. Pemain tidak boleh menangkap atau melempar bola voli.
  6. Pemain bola voli harus menyentuh garis tengah lapangan lawan saat permainan sedang berlangsung.

Pasti sangat mudah bagi Anda untuk melakukan peraturan permainan bola voli di atas jika anda adalah seorang atlit bola voli. Semoga informasi di atas tadi bermanfaat untuk Anda. baca juga : Ukuran Lapangan Bola Voli Standar Nasional Internasional