Peraturan Permainan Bola Kasti

Peraturan Permainan Kasti - Bola Kasti merupakan salah satu permainan yang tergolong dalam permainan bola kecil. Permainan Kasti ini dilakukan secara beregu, yang setiap regu terdari 12 orang yang menggunakan nomor 1 hingga 12.

Permainan kasti dilakukan di lapangan yang mempunyai bentuk persegi panjang yang dibatasi oleh tali tambang atau garis dengan tebal 5 cm. Pada permainan ini menggunakan alat berupa pemukul dan bola. Untuk peraturan kasti dapat Anda simak berikut ini.

Peraturan Permainan Bola Kasti Terbaru:


a. Jumlah pemain
Jumlah pemain terdiri atas 12 orang setiap regunya dengan menggunakan nomor 1 sampai dengan 12. Seorang sebagai ketua/kapten regu.

b. Cara mendapatkan angka
1) Setiap pemukul yang berhasil berlari menuju tiang hinggap i, ii dan iii lalu kembali ke ruang bebas akan mendapat nilai 1, secara bertahap.
2) Apabila pukulan berhasil dengan baik dan pemukul secara langsung dapat kembali ke ruang bebas, akan mendapat nilai 2.
3) Apabila regu penjaga dapat menangkap bola langsung dengan baik, akan mendapat nilai 1, untuk regu penjaga.

c. Pergantian tempat
Pergantian tempat dapat dilakukan apabila regu pemukul terkena lemparan bola sah, bola ditangkap tiga kali secara berturut-turut oleh regu penjaga, dan alat pemukul  lepas ketika sedang melakukan pukulan yang menurut wasit sangat membahayakan lawan.

d. Wasit
Setiap pertandingan kasti dipimpin oleh seorang wasit, dibantu oleh tiga penjaga garis, satu orang pencatat nilai, dan pencatat waktu.

e. Kesempatan memukul
Kesempatan memukul untuk setiap pemukul yaitu satu kali, kecuali pemukul terakhir sebanyak tiga kali giliran memukul, dan dilakukan secara berurutan dari nomor 1 sampai dengan nomor 12.

f. Waktu permainan
Waktu permainan 2 x 30 menit dibagi menjadi dua babak diselingi waktu istirahat 10 menit

g. Penentuan pemenang
Penentuan pemenang adalah regu yang mendapat nilai terbanyak sebagai regu pemenang.

Aturan Permainan Bola Voli di atas admin ambil dari sumber yang ada di buku guru SD kelas IV, semoga artikel di atas dapat bermanfaat dan menambah wawasan Anda.