Teknik Cara Latihan dalam Permainan Bola Basket

Teknik Cara Latihan Bola Basket - Permainan bola adalah permainan yang dimainkan oleh dua regu, setiap regu terdiri dari 5 pemain. Dalam permainan Bola Basket ini, masing – masing regu harus dapat memasukkan bola sebanyak mungkin ke dalam keranjang lawannya dan harus berusaha mencegah lawan untuk memasukkan bola ke kranjangnya.

Teknik Cara Latihan dalam Permainan Bola Basket
Dalam permainan Bola Basket terdapat beberapa teknik yang harus kita pahami, agar tidak sembarangan dalam memainkan permainan Bola Basket ini.

Latihan Teknik dalam Permainan Bola Basket :

Latihan Teknik Bermain bola basket menggunakan Bentuk dan berbagai formasi.
1. Teknik Kombinasi latihan operan pantulan dan menggiring bola dan bermacam - macam teknik dasar menggiring dan melempar. Latihan ini dapat dilakukan dengan cara :
a. Pemain dibagi menjadi tiga baris berbanjar, ketiga barisan membentuk posisi segitiga yang saling berhadapan.
b. Latihan awal, jarak antar barisan masing - masing 6 meter, semakin lama jarak diperpanjang sampai 9 meter.
c. Kemudian latihan semakin dipercepat.
d. Pemain 1 menggiring bola ke arah Pemain 2 kemudian bola diberikan kepada pemain Pemain 2 dengan cara teknik operan pantul, Pemain 1 kemudian langsung lari ke belakang barisan Pemain 2.
e. Selanjutnya Pemain 2 menerima bola dan menggiring ke arah Pemain 3, selanjutnya bola diberikan kepada pemain 3 dengan teknik operan pantul juga, dan pemain 2 lari ke belakang barisan pemain 3.
f. Kemudian Pemain 3 menerima bola dan menggiring ke arah pemain 1, selanjutnya bola diberikan kepada pemain 1 dengan teknik operan pantul juga, pemain 3 langsung lari ke belakang barisan Pemain 1.
g. Begitu juga seterusnya atau dapat melihat gambar diatas, lakukan gerakan Diatas secara terus menerus dan Secara Rutin

Teknik Latihan dalam Permainan Bola Basket

2. Latihan kombinasi menggiring bola, merebut bola, lay up, dan melempar bola.
Cara Latihan kombinasi menggiring bola, merebut bola, lay up, dan melempar bola adalah sebagai berikut :
a. Pemain dibagi atas tiga baris berbanjar. Kemudian barisan pertama berdiri di belakang garis tengah lapangan, untuk barisan kedua berdiri pada tepi luar atau dekat dengan ring basket yang siap mengambil bola. Sedangkan pada barisan ketiga sama dengan barisan pertama, tetapi saling berseberangan.
a. Semakin lama lakukan gerakan diatas juga semakin cepat.
b. Pemain pertama menggiring bola dan selanjutnya melakukan gerakan lay up, selanjutnya pemain pertama segera belari ke belakang barisan pemain ke 2. Pemain kedua merebut bola yang dimainkan oleh pemain pertama tadi.
c. Pemain kedua menggiring bola ke arah pemain ketiga dan memberikan bola kepada pemain ketiga. Setlah itu pemain ke dua lari ke belakang barisan pemain ketiga.
d. Pemain ketiga menggiring bola ke arah barisan pemain pertama dan mengumpan bola kepada pemain belakang sendiri. Setelah itu pemain ketiga langsung lari ke belakang barisan pemain satu.
e. Begitu seterusnya. Lakukan latihan diatas berulang – ulang hingga menguasai teknik Dasar Permainan Bola Basket

Demikian Artikel tentang Latihan Teknik dalam Permainan Bola Basket, semoga Bermanfaat. Teknik Latihan dalam Permainan Bola Basket, Terima Kasih.