Tips Cara Memperbaiki Mobil Yang Sulit Dihidupkan

Tips  Cara Memperbaiki Mobil Yang Sulit Dihidupkan - Mobil sulit untuk dihidupkan atau sulit distartermerupakan sebuah masalah tersendiri untuk mobil pribadi, apalagi jika sang pemilik tidak mengerti sama sekali tentang mobil. 
mobil
Namun, jangan sampai hal ini terjadi kepada Anda. Karena tidak jarang mobil sulit dihidupkan ini terjadi saat diperlukan. Berikut ini Tips Memperbaiki dan Merawat Mobil yang sulit dihidupkan. 

Cara Merawat dan Memperbaiki Mobil yang Sulit dihidupkan :


- Pertama yang penting untuk Anda diketahui yaitu sistem kelistrikan pada mobil, konvensional atau mobil yang sudah menggunakan CDI. Jika kendaraan Anda sudah menggunakan sistem modern atau semua serba elektronik, maka lebih baik bawa kendaraan Anda ke bengkel. Karena pada kendaraan yang sudah serba elektronik memerlukan tenaga ahli dan alat – alat yang khusus.

- Pada mobil yang tidak bisa distarter biasanya disebabkan oleh dua hal, yang pertama karena aki yang kondisinya tidak bagus sistem kelistrikannya. Dan yang Kedua karena supply listrik pada dinamo pada sistem pengapian konvensional. Platina mungkin sudah tidak baik. Jika pada mobil dengan teknologi yang modern, mungkin karena CDI. Jika sudah terkena pada CDI lebih baik ke bengkel karena memperbaiki CDI rumit dan sulit ditangani sendiri. 

- Anda dapat melihat kondisi terakhir aki pada indikator yang ada di permukaan atas dari aki. Di indikator itu Anda dapat melihat kondisi aki masih bagus atau sudah rusak, atau air aki habis. Jika mobil tetap tidak bisa dihidupkan, dapat disebabkan karena platina dan kondensor. Masalah ini biasanya ada pada plat yang terdapat di platina. Jika tonjolannya kusam itu artinya tidak dapat menangkap percikan listrik. Gosok dengan amplas untuk menghilangkan debu atau flek yang menempel. Kemudian pasang kembali pada posisi awal. 

- Periksa Boks Sekring, perhatikan sekring yang terpasang keadaannya masih utuh atau tidak. Jika kawat sambungannya putus, ganti sekring tersebut. Jika dalam keadaan darurat, Anda dapat menggunakan serabut kabel untuk dipasang sementara di sekring tersebut. Namun jangan gunakan serabut kawat ini untuk permanen, oleh karena itu ganti sekring secepatnya di bengkel

- Hal terakhir yang harus diperhatikan adalah suplai bahan bakar yang kurang pada sistem karburator, hal ini dapat disebabkan karena saringan karburator kotor. Periksa saringan, kemudian cabut filternya dan bersihkan menggunakan sikat gigi atau kuas.

Demikian Cara Memperbaiki Mobil Yang Sulit Dihidupkan, semoga tips diatas dapat bermanfaat.