Penyebab Kegagalan Dalam Tes Wawancara Kerja

Penyebab Kegagalan Dalam Tes Wawancara Kerja - Dalam melamar disuatu perusahaan, proses wawancara atau interview adalah  tahap yang paling penting. Banyak para pelemar kerja yang sudah lolos tahap awal namun harus berakhir dengan tidak diterima kerja setelah melewati proses wawancara kerja.
Penyebab Kegagalan Dalam Tes Wawancara
Apa yang menjadi penyebab kegagalan saat wawancara kerja ?. Padahal banyak dari mereka yang telah merasa siap dan memberikan jawaban yang tepat. Artikel ini akan sedikit membeberkan beberapa hal penyebab kegagalan wawancara kerja. Simak penjelasan berikut ini.

Penyebab Kegagalan Dalam Tes Wawancara Kerja :


1. Anda gugup
Setiap gerak-gerik mulai dari gerakan tubuh dan mimik wajah sangat diperhatikan saat wawancara kerja. Pastikan anda percaya diri, namun tetap rendah hati. Tatap mata pewawancara, untuk memperlihatkan bahwa anda menyakinkan, antusias dan serius. Jika anda gugup, pertanyaan mudah akan menyulitkan anda dan bahkan pewawancara akan menekan anda dengan pertanyaan yang menyulitkan.

2.Tidak cocok antara permintaan perusahaan dan pelamar
Ketidakcocokan ini bisa terjadi, walaupun data-data tentang diri anda yang anda berikan suda sesuai dengan permintaan perusahaan. Namun pada tes wawancara ini perusahaan mengenal lebih jauh tentang diri anda dan mencoba menggali kemana arah anda. Sebagai contoh, ada pemimpin  perusahaan yang menginginkan anak buahnya cakap, dan ada juga yang menginginkan anda tadak banyak cakap serta fokus bekerja. Nah walaupun anda berbakat, perlua danya kesesuaian. Pelahari hal-hal tentang perusahaan yang anda lamar dan siapkan jawaban-jawaban dan sikap yang tepat.

3. Anda lupa berterima kasih dan follow up
Walaupun anda masih belum diterima, sepantasnya anda tetap mengucapkan terima kasih setelah usai wawancara yang akan meninggalkan ruangan. Selain ucapan terima kasih, bila pewawancara tidak menginformasikan kapan dan dimana anda bisa melihat hasil wawancara kerja anda, anda bisa menanyakan dengan kalimat dan bahasa yang tepat. Berikan keyakinan pada mereka bahwa anda sungguh-sungguh dan antusias ingin bekerja diperusahaan mereka.

4. Anda terlalu maju.
Anda sangat berbakat, memiliki keahlian lebih namun perusahaan menilai anda terlalu maju. Mereka takut anda akan merasa bosan dengan pekerjaan yang akan mereka berikan, karena anda tidak merasa tertantang. Mereka menginginkan anda sebagai pekerja yang selalu berkembang, bersama perusahaan dan memberikan langkah-langkah kedepan.

5. Anda tidak mempersiapakan segalanya.
Sipakan setiap hal-hal kecil sebelum wawancara. Karena biasanya ini yang sering anda lupakan. Berangkatlah lebih awal agar lebih bisa beradaptasi, bawa salinan CV yang anda kirim kemarin, pelajari tentang perusahaan, benahi penampilan. Jika anda memiliki suatu karya untuk pantas dipamerkan, sebaiknya juga anda persiapkan.

6. Anda tidak mempelajari tentang perusahaan yang anda lamar.
Riset tentang perusahaan yang anda tuju sangat penting. Hal ini bisa menjadi pemilihan jawaban-jawaban saat wawancara. Pelajari tentang pekerjaan yang anda lakukan kelak. Agar anda bisa meyakinkan pewawancara bahwa anda siap bergabung dan bekerja di perusahaan.

Demikian artikel tentang Penyebab Kegagalan Dalam Tes Wawancara Kerja, semoga bermanfaat.