Cara Memaksimalkan & Merawat Rem Cakram

Cara Memaksimalkan & Merawat Rem Cakram - Rem Cakram merupakan salah satu komponen yang penting dari sepeda motor. Karena rem cakram ini dapat digunakan untuk keamanan ekstra saat berkendara dana digunkan untuk mengerem secara mendadak.
Rem Cakram
Namun jika kita tidak dapat memaksimalkan dan merawat rem cakram dengan baik, maka kinerja rem cakram juga tidak akan dapat berkerja dengan baik. Berikut ini tips untuk memaksimalkan kinerja rem cakram.

Cara Memaksimalkan & Merawat Rem Cakram :

- Siapkan obeng min, sikat kawat, kunci pas, kunci L, Minyak Rem Dot 3 dan yang terakhir Ampelas.

- Yang pertama lepas baut pada kaliper menggunakan obeng min, kemudian baut L yang berfungsi untuk baut sliding untuk mencopot kampas rem. Setelah itu copot, kaliper cakram dengan membuka banutnya dengan menggunakan kunci pas.

- Jika sudah dilepas semua, maka bersihkan debu pada piston yang ada pada kaliper menggunakan sikat kawat. Jika piston sudah bersih maka teteskan oli agar gerakan lebih mudah.

- Periksa kaliper secara teliti, jika terdapat karat. Maka bersihkan dan letakkan kaliper di atas handuk yang bersih dan kering, agar benar – benar terlihat kering.

- Jika kampas rem anda sudah tipis maka langsung ganti kampas anda tersebut, agar rem anda lebih aman saat digunakan. Dan juga jangan lupa mengisi minyak rem menggunakan minyak rem DOT 3 jika sudah habis.

- Jika piringan kampas rem anda sudah tipis dan tidak rata segera ganti dan bawa ke bengkel, karena jika tidak sepeda akan terasa slip jika dikendarai.

Demikian Cara Memaksimalkan & Merawat Rem Cakram, lakukan perwatan tersebut secara rutin gar rem cakram dapat bekerja dengan maksimal. Semoga tips memaksimalkan rem cakram ini dapat bermanfaat.